Kelebihan dan Kekurangan OPPO A33

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A33

Samsungifa2011 – Memiliki smartphone dengan harga terjangkau dari brand ternama bisa menjadi pilihan yang menarik bagi sebagian orang. Tidak jarang orang seperti ini menginginkan ponsel dengan merek tertentu namun dengan kisaran harga yang terjangkau.

Contohnya adalah ponsel OPPO, OPPO A33 2020. Penggunaan tahun 2020 mengacu pada tahun peluncuran OPPO A33, karena OPPO juga memiliki nama ponsel yang sama yang dirilis pada tahun 2015. Jadi, penyebutan tahun 2020 sebagai pembeda dari versi 2015. Namun, dalam artikel ini, penyebutan OPPO A33 hanya disederhanakan.

OPPO A33 sendiri mungkin menjadi pilihan yang menarik mengingat kategori harganya, yang berkisar sekitar Rs 2,1 crore. Dengan kelas harga tersebut, OPPO A33 menawarkan spesifikasi yang cenderung mirip dengan OPPO A53 yang dibanderol lebih mahal.

Keunggulan OPPO A33

OPPO A33 memang ponsel murah, namun memiliki banyak keunggulan di kategori harganya. Ini adalah beberapa kelebihannya.

1. Kecepatan refresh 90Hz

Biasanya ponsel hanya memiliki refresh rate 60Hz, namun kini ada beberapa ponsel yang menawarkan refresh rate di atas 60Hz, salah satunya OPPO A33.

Ponsel ini memiliki refresh rate 90Hz, apa saja kelebihannya? dengan refresh rate yang lebih tinggi, scrolling layar menjadi lebih halus dan enak dipandang. Menariknya, fungsi semacam ini biasanya hanya hadir di ponsel dengan harga Rp 3 juta atau lebih.

Dengan harga kurang dari 2 juta rupiah, fitur refresh rate 90Hz memang menarik. Selain itu, layarnya juga memiliki tingkat sampel sentuh 120Hz, yang merupakan ciri dari seberapa cepat ponsel merespons sentuhan.

Fitur ini juga sangat berguna saat bermain game yang mendukung penggunaan refresh rate 90Hz, namun jumlahnya masih rendah. Selain itu, kehadiran fitur ini sangat baik dan menjadikan OPPO A33 sebagai ponsel termurah yang memiliki refresh rate 90Hz.

2. Punch-Hole Display

OPPO A33 menawarkan layar dengan dimensi 6,5 inci. Layarnya memiliki resolusi 720 x 1600 piksel. Kerapatan layarnya sendiri adalah 269 dpi.

Menariknya, tampilan ponsel ini memiliki konsep layar penuh dengan pola tampilan berlubang. Pola desain ini memberi layar nuansa full body dengan tambahan lubang hitam untuk kamera depan terpisah dengan bezel.

Konsep layar berlubang memang biasa digunakan pada ponsel kelas menengah hingga kelas atas. Tentunya hadirnya konsep ini di ponsel terjangkau membuat OPPO A33 cukup menarik dari segi tampilan.

3. Dua speaker stereo

OPPO A33 memiliki karakteristik yang mirip dengan OPPO A53. Karakteristik ini merupakan ciri dari sisi suara, yaitu kualitas suara dari speaker stereo.

Dengan menawarkan dua speaker, OPPO A33 dapat menghasilkan suara yang lebih keras dan surround. Apalagi OPPO A33 memiliki teknologi Dirac 2.0 yang mampu meningkatkan kualitas suara menjadi garing dan lemah. Teknologi ini juga dapat menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih dan detail.

Kekurangan OPPO A33

OPPO A33 tentunya tidak hanya memiliki kelebihan. Ponsel ini juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangan dari OPPO A33.

1. Resolusi layar bukan Full HD+

OPPO A33 menawarkan layar 90 Hz, layar berlubang dan juga bezel yang relatif tipis untuk kategori harganya. Sayangnya, layar bagus ini terasa “sakit” dengan resolusi yang hanya HD+.

Pasalnya, di kategori harga Rp 2 jutaan masih banyak ponsel lain yang menawarkan resolusi Full HD+. Mungkin lain cerita jika panel yang digunakan adalah panel AMOLED. Namun, panel layar HD+ menawarkan keunggulan untuk daya tahan baterai yang lebih efisien.

2. Minus di Sisi Kamera

OPPO A33 memiliki tiga kamera di bagian belakang. Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera depth 2 MP, dan kamera makro 2 MP.

Pengaturan kamera ini mirip dengan kamera OPPO A53. Tidak berubah. Hal ini cukup mengecewakan karena OPPO A33 tidak menawarkan kamera ultra-wide. Sementara ponsel lain berada dalam kategori harga yang sama, ada beberapa yang menawarkan kamera ultra lebar.

Selain itu, kamera depan OPPO A33 telah dikurangi. Sementara OPPO A53 menawarkan kamera selfie dengan resolusi 16 MP, OPPO A33 hanya menawarkan kamera selfie 8 MP. Padahal, satu hal bisa dimaklumi karena kelas harganya lebih murah. Namun kehadiran kamera ultra-wide tentu menjadi sesuatu yang cukup mengecewakan.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru

Anda mungkin juga suka...