Bersepeda, Kebutuhan atau Hanya Tren?

Bersepeda, Kebutuhan atau Hanya Tren?

Samsungifa2011 – Sebagai bagian dari tata kota ada kebutuhan gaya hidup, hidup hoby dan hobby life, banyak keinginan yang tidak boleh dipaksakan, tapi akhirnya ada trend, ada kebutuhan ada dan tidak ingin dikalahkan. dari tetangga, teman, kerabat lalu ada semacam tekanan.

Kebutuhan sepeda karena trend atau kesehatan

Di kota besar, bahkan di daerah terpencil, hobi sudah menjadi bagian dari kehidupan. Namanya gaya hidup, gaya hidup. Saat ini trend yang sedang dibicarakan adalah maraknya pembelian sepeda. Sepeda murah dan mahal laris manis. Dem ada, banyak orang memaksa mereka untuk membeli apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan primer mereka. Sepeda MTB, yang terjual antara 2 juta atau lebih, mengalami peningkatan permintaan yang tajam. Selama liburan, Sabtu dan Minggu, jalanan dipenuhi orang dengan sepeda. Sepeda bagus, mahal – mahal. Jika dulu sepeda adalah kendaraan utama yang tersedia untuk berangkat dan pulang kerja, kini sepeda menjadi alat untuk memenuhi keinginan akan kemewahan, gaya hidup, dan tren.

Bersepeda memang menyehatkan, dan tidak membutuhkan modal tambahan untuk menggerakkan mesin, seperti bensin, oli, dan suku cadang lainnya. Banyak kekuatan kaki dan daya tahan yang luar biasa. Lalu mengapa membeli sepeda mahal jika memang ditujukan hanya untuk perlengkapan olahraga? Bagi penyuka sepeda banyak sekali pertimbangannya, antara lain semakin mahal harga motornya, semakin mahal harga motornya semakin nyaman untuk dikendarai, tanjakan dengan persneling yang tepat sehingga tidak terasa kesulitan saat mengayuh. Sepeda mahal juga lebih ringan dan lebih mudah dibawa serta dapat dibongkar / dikompres untuk mengambil lebih sedikit ruang jika dibawa dengan mobil dari kota.

Kenali beberapa jenis sepeda

Ada beberapa jenis rangka sepeda yang membuat harga sepeda semakin mahal. Paling murah adalah rangka sepeda atau rangka besi. Rangka ini berat dan cepat berkarat, langkah selanjutnya adalah aluminium. Rangkanya lebih ringan dari besi. Lebih murah adalah bingkai yang terbuat dari titanium. Titanium jauh lebih ringan dari besi. Tapi titanium pasti mahal.

Material yang populer di kalangan pengendara sepeda profesional adalah jenis karbon. Rangka jenis ini sangat ringan namun kuat, sepeda bisa dibawa dan dibawa tanpa rasa lelah saat dipakai. Tapi ada bentuk, kualitas dan harga. Jika Anda mencari sepeda yang terbuat dari rangka karbon dan Anda menginginkan harga hanya sekitar 3 jutaan, Anda akan kecewa. Dipastikan harganya lebih dari 20 jutaan hingga ratusan juta rupiah. Beberapa merek sepeda ternama di Indonesia, seperti Polygon dan United, memproduksinya untuk sepeda balap, untuk kompetisi internasional. Indonesia patut berbangga karena merk Polygon dan United telah menjualnya ke luar negeri dan kualitasnya dikenal sangat kompetitif di Eropa.

Aturan bersepeda dan lalu lintas

Kini para pesepeda memilih sepeda hanya karena ingin merasakan euforia bersepeda dalam trend yang disebabkan oleh pandemi atau memang ingin menerapkan pola hidup sehat di atas sepeda. Banyak pengendara sepeda baru yang tidak mendengarkan rambu lalu lintas, menyerang arus dan mengendarai sepeda di tengah kecepatan tinggi sepeda motornya. Lalu kenapa seorang pengendara sepeda harus memakai helm safety, hanya asesoris saja atau hanya ingin menunjukkan bahwa dia mempunyai helm yang dingin dan mahal? Banyak orang terkadang hanya berbicara tentang bersepeda, tetapi tidak mengikuti aturan dan regulasi lalu lintas.

Hanya tren yang mudah bosan

Bagi mereka yang mengikuti trend hanya untuk gaya, suatu saat akan bosan jika antusiasme masyarakat di dunia yang sedang berkembang atau di dunia peradaban menyusut. Seperti saat orang tergila-gila dengan tren batu permata atau tanaman hias bernilai ratusan juta.

Keuntungan bersepeda

Menurut penilaian kesehatan, bersepeda bermanfaat:

Kebiasaan bersepeda dapat mengurangi lemak tubuh, mengatur berat badan, dan meningkatkan metabolisme, sehingga menggerakkan tubuh saat bersepeda akan membakar banyak kalori. Bagi yang ingin memiliki kaki yang kuat dan persendiannya yang pegal tidak sakit, bersepeda merupakan solusi murah yang akan membantu memulihkan kekuatan tungkai dan mengurangi nyeri persendian terutama pada bagian lutut dan tungkai. Selain menyehatkan, bersepeda juga bisa membantu meredakan stres, menambah konsentrasi, dan menambah nafsu makan. Inilah beberapa manfaat bersepeda

Sebagai seorang migran, saya memiliki sepeda pertama saya di Jakarta sekitar tahun 2005. Sebelumnya ada CFD (Car Free Day) dan saya masih tinggal di sekitar Depok. Jarak tempuh sepeda saya saat mulai naik sepeda lumayan bagus, saya menyusuri jalanan sekitar UI Depok, Sawangan hingga menjadi legenda pariwisata.

Ketika saya naik pasar minggu saya melakukan perjalanan sepeda dari pasar minggu, saya melalui cilandak, jagakarsa, beji terus di jalan kecil menuju UI dan keluar melalui stasiun pondok china menuju jalan margonda menuju depok baru, depok lama, kereta api mengusur ke Citayam, arah Cilodong dan belok di ibu kota Bogor yang terletak di Cibinong. Dari cibinong langsung ke jalan raya bogor kemudian saya masuk kota bogor, saya melakukan perjalanan dari pagi sampai siang… saya istirahat di sekitar stasiun bogor dan istana bogor.

Apakah Anda melihat perlunya bersepeda di jalan raya atau di luar jalan raya? Kenapa bisa kuat untuk menempuh jarak yang jauh, salah satunya adalah memilih jenis sepeda yang tepat, ergonomis dan jenis ban yang cocok untuk bepergian cukup jauh. Bersepeda tidak hanya mahal dan murah, tetapi juga memperhitungkan bentuk geometris rangka sepeda. Bersepeda menuruni bukit di jalan raya menuruni bukit jelas tidak cocok, karena suspensi kelas menengah mengurangi kenyamanan berkendara. Pada jalan raya di jalan aspal lebih baik menggunakan sepeda dengan dimensi ban kecil. Berkat cengkeraman rendah, ban melaju kencang. Sepeda menuruni bukit dan gunung lebih cocok untuk rute off-road yang tidak rata.

Jadi bersepeda bukan hanya karena Anda berbicara tentang bersepeda, tetapi Anda juga perlu memperhatikan bikin jersey sepeda. Jika sering di jalan lurus sebaiknya pilihlah sepeda roadbike yang populer untuk sepeda jalan raya, ada sepeda fiksasi (single speed, fixed gear). Sepeda jenis ini dengan satu gigi tanpa perlu ganti gigi dan tanpa rem.

Bagi yang suka berpetualang di alam bebas, di jalanan berkelok dan menantang, pilihlah sepeda gunung atau turunan dengan suspensi sedang, dengan tipe ban lebih lebar dibandingkan dengan fiksasi kecil. Penulis melakukan perjalanan dari Cimanggis menuju Tanah Abang dengan keberangkatan sekitar jam setengah lima pagi dan tiba di Tanah Abang sekitar 6 sampai 15 menit. Tapi tentunya, pertama-tama saya harus berlatih perlahan dari jarak dekat.

Setelah sekitar sebulan bersepeda teratur, daya tahan tubuh semakin kuat dan jarak tempuh bisa lebih jauh. Yang terpenting adalah melakukan pemanasan atau semacam peregangan sebelum bersepeda, agar otot tidak kaget saat mengendarai sepeda.

Apakah Anda pernah bosan bersepeda? Bersepeda harus dilakukan secara rutin, namun jangan pernah istirahat lama dari bersepeda. Nasihat terpenting saat mengendarai sepeda adalah rutinitas, konsistensi dan jangan berlebihan berusaha. Saat menginjak pedal, akan lebih awet untuk jarak jauh jika Anda terus-menerus menekannya. Jadi Anda bersepeda karena ingin sehat karena hanya banyak bicara?

Anda mungkin juga suka...